Jokowi: Kita Wajib Bersyukur Bisa Kendalikan COVID-19 dan Cabut PPKM

 


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat bersyukur karena Indonesia bisa mengendalikan COVID-19. Bahkan pada akhir 2022 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dicabut.

"Kita ini sering lupa bersyukur, sering lupa, tapi kalau kita ingat di 2020, kemudian di 2021, kemudian di 2022, wajib hukumnya kita bersyukur karena kita bisa mengendalikan COVID dengan baik dan akhir 2022 di Desember kemarin PPKM sudah dicabut," katanya dalam acara Mandiri Investment Forum di Fairmont Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2023).


Jokowi kembali mengingat pengalamannya saat menghadapi awal pandemi COVID-19. Situasi luar biasa yang belum pernah terjadi itu diakui sempat membuat pemerintah gugup.


"Bukan hal yang gampang saat awal-awal. Dunia nggak pernah ada yang memiliki pengalaman terkena pandemi seperti ini, negara-negara selain kita. Jadi mau belajar ke siapa? Nggak ada, pakemnya seperti apa? Nggak ada. Standarnya seperti apa? Nggak ada, semuanya gugup," ujar Jokowi.


Saat awal pandemi COVID-19, Jokowi bercerita bahwa negara kebingungan mencari yang namanya masker, alat pelindung diri (APD), ventilator, hingga vaksin.


"Kalau jumlah 1-2 mungkin masih bisa, tapi kalau sudah ratusan juta ke mana kita cari?" ucapnya.

Tidak ada komentar